Bimtek Pemanfataan Pekarangan Pangan Lestari, Kadis Asman Ajak Desa Tiru Lampoko

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Bimtek pemanfaatan pekarangan pangan lestari digelar di Desa Lampoko Kecamatan Barebbo, Selasa 5 Desember 2023.

Hadir Kepala Dinas Tanaman pangan Hortiktura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H Andi Asman Sulaiman, Kepala BPP Barebbo, H Sucipto, penggerak istana Sayur Desa Lampoko, Usman dan jajaran pejabat dinas TPHP Bone, yang mewakili Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Sudiang, Ir. Wardah Khalil, M.Si, Peneliti dari BRIN, Ir. Nurjanani, Kepala UPT Pelaksana Penyuluhan, Akifah Akhsa, SP., M.Si.

Kepala Dinas TPHP Bone, A Asman Sulaiman menegaskan pentingnya pemanfataan Pekarangan rumah. Ia mengatakan, ketahanan pangan dapat terwujud jika semua masyarakat peduli pentingnya pemanfaatan pekarangan rumah untuk berbagai jenis komoditas pangan.

"Saya kira beberapa desa yang belum menerapkan ini, bisa mencontoh desa Lampoko," ucap Kadis Asman.

Adapun tujuan P2L kata Andi Asman, meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman. 

Termasuk meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar.Sasaran kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari Tahun 2015 – 2019

Andi Asman menegaskan, pihaknya akan menyisir dan membentuk kelompok KWT Pemula pemuda berbasir teknologi dan modern mulai dari hulu ke hilir.

Ia mengatakan, dalam menjalankan program pekarangan pangan lestari, penting dilakukan pembinaan terhadap kelompok tani wanita.

"Kita ingin program pemanfaatan pekarangan pangan lestari terus berlanjut. Tujuannya apa, untuk menopang kedaulatan pangan keluarga. Kita juga akan menggandeng TNI sebagai tindak lanjut MoU yang sudah terbangun antara Kementerian Pertanian dengan Mabes TNI," tukasnya.

*

  • Bagikan