Puting Beliung Di Patimpeng, 12 Rumah Rusak Berat

  • Bagikan

WATAMPONE, RB--Sebanyak 12 rumah rusak berat di Desa Paccing Kecamatan Patimpeng, tepatnya di Dusun Enam Pelleng-Pellengnge, Minggu 10 Desember 2023. Musibah ini terjadi sekira pukul 13.00 Wita.

Tokoh Masyarakat Desa Paccing, Suharni mengatakan, ada 12 kepala keluarga yang terdampak. "Atap rumah terbang, bahkan ada beberapa rumah kayu yang rata dengan tanah," ucapnya menggambarkan kondisi bencana tersebut.

Sebelum bencana puting beliung lanjutnya, hujan deras mengguyu Desa Paccing. "Disana kasian perekonomian masyarakat dibawah rata-rata. Jadi sangat butuh uluran tangan dari pemerintah daerah dan dermawan," ucapnya.

Sementara itu, Kades Paccing Andi Fadli berharap bantuan dari pemerintah daerah. Ia menyebutkan, warga membutuhkan tenda sementara untuk pengungsian serta bantuan makanan. "Kita berharap segera ada bantuan dari pemerintah daerah," tukasnya.

Terpisah, Plt Kepala BPBD Bone, Ikhsan kepada RADAR BONE mengaku segera menerjunkan tim untuk memantau lokasi bencana sekaligus mempersiapkan bantuan. "Mungkin sebentar kita terjunkan tim ke lokasi bencana," tukasnya.

Sementara itu, dari data BPBD Bone, sebagian besar kecamatan di daerah ini rawan terjadi angin puting beliung. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone menghimbau masyarakat agar berhati-hati dengan kondisi alam itu. "Untuk angin puting beliung nyaris semua kecamatan rawan. Makanya warga harus tetap waspada," katanya.

Diketahui, kecamatan yang masuk daerah rawan puting beliung, meliputi Kecamatan Kajuara, Salomekko, Kahu, Libureng, Bontocani, Dua Boccoe, Tellu Siattinge, Cenrana, Awangpone, Cina, Barebbo, Sibulue, Mare, Amali, Lappariaja, Patimpeng, Lamuru, Tellu Limpoe, Palakka dan tiga kecamatan kota.

  • Bagikan