KSEI Rumah EKIS IAIN Bone Gelar Talkshow, Zakat Goes To Campus Kerjasama dengan Baznas Bone

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID-KSEI Rumah EKIS IAIN Bone menggelar Talkshow: Zakat Goes To Campus Kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Bone dengan mengusung tema: "Optimalizing The Realization Of The SGD's 2023: Through The Role Of Zakat and Green Economy Commitment" yang diselenggarakan di Aula PKM IAIN BONE. (15/12) Talkshow ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan lembaga zakat yakni BAZNAS Kab. Bone di lingkup mahasiswa serta memberikan edukasi tentang zakat sehingga dapat menginspirasi mahasiswa untuk berzakat.

Acara ini dipandu oleh moderator Hasni Ismail, S.E,. M.E. yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bone sekaligus Sekretaris Umum KSEI RUMAH EKIS IAIN BONE periode 201

Kegiatan Talkshow ini menghadirkan 2 pemateri yang luar biasa yakni pemateri 1 yaitu Rusmin Igho, S.H. yang juga merupakan Wakil Ketua 1 BAZNAS Kab. Bone dengan judul materi yang akan disampaikan adalah Peran Zakat dalam Pengembangan Ekonomi Hijau dan pemateri 2 yakni Ibu Putriany, S.Sos., M.Sos. yang juga Tenaga Kependidikan dengan judul materi Peran gen Z sebagai agen filantropi.

Dalam talkshow ini, pemateri pertama Rusmin Igho, S.H. membahas tentang kaitan zakat dengan BAZNAS, beliau mengatakan bahwa zakat sangat erat kaitannya dengan BAZNAS karena di dalam BAZNAS tersebut terdapat seluruh elemen masyarakat dan terdapat pula dana umat yang akan disalurkan kembali kepada orang-orang yang berhak menerimanya, yakni 8 asnaf atau golongan.

Ia juga menyampaikan bahwa potensi Dana ZISWAF yang bisa dikumpulkan khususnya di Kabupaten Bone sangat besar bahkan bisa mencapai angka 1 Milyar per tahun.

"Saya berharap, kita bisa menciptakan terobosan-terobosan atau suatu ide kreatif sehingga harapan para muzakki yang hendak menyalurkan dana ZISWAF-nya ke lembaga zakat dapat kita manfaatkan secara optimal," katanya.

Pemateri kedua yakni Putriany, S.Sos., M.Sos. membahas tentang gen z sebagai agen filantropi, beliau mengatakan bahwa jika kita membahas tentang filantropi itu bagaimana kita mengembangkan rasa cinta kita kepada sesama manusia, bukan sekedar bagaimana memberi, membantu, menolong, tetapi jauh dari itu filantropi lebih membahas tentang ukhuwah, persaudaraan dalam Islam.

Lebih lanjut lagi Ia menerangkan bahwa filantropi ini bisa menjadikan hidup kita lebih bermakna,

"Dengan adik-adik ikut serta dengan gerakan-gerakan filantropi yang dilakukan oleh lembaga BAZNAS Kab. Bone, maka adik-adik memberi peluang kepada hidup adik-adik menjadi hidup yang lebih bermakna maka nantinya hidup kalian akan menjadi lebih mudah juga berlimpah kemudahan"

Filantropi penting dilakukan di masa sekarang, semakin banyak kita memberi semakin banyak yang akan kita terima.

  • Bagikan