Pelayanan Kesehatan Bergerak Jangkau Dusun Terpencil di Terpedo Jaya

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARBONE.FAJAR.CO.ID Terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat hingga ke wilayah terpencil, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kesehatan melakukan pelayanan kesehatan bergerak di Dusun Pare-Pare, Desa Terpedo Jaya, Kecamatan Sabbang Selatan, Sabtu (16/12/2023).

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani hadir membuka sekaligus menyerahkan kacamata gratis bagi warga di desa tersebut.

"Kami pemerintah adalah pelayan masyarakat, dalam artian kami harus memastikan bapak-ibu sekalian mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan, termasuk pelayanan kesehatan," ungkap Indah.

Dikatakan Indah bahwa pelayanan kesehatan gratis adalah hak masyarakat, dan merupakan kewajiban pemerintah untuk memenuhinya.

"Maka dari itu bapak/ibu jangan sungkan-sungkan untuk meminta pelayanan. Pemerintah akan selalu hadir, melalui dinas kesehatan dan rumah sakit yang siap membantu kita," kata bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Kegiatan ini diikuti oleh tiga dusun, yakni Dusun Pare-pare, Dusun To'ledan, dan Dusun Topao.

"Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Kami tentu sangat senang, itu artinya pelayanan dasar memang masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita," terang isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Selain pelayanan umum, pada kegiatan ini juga melibatkan pelayanan dari dua dokter spesialis, yaitu spesialis penyakit dalam dan, spesialis mata, spesialis THT, dan dokter gigi.

"Bahkan jika ada warga kita yang sudah diperiksa dan terindikasi katarak, dan masih bisa dioperasi, maka akan kita rekomendasikan untuk dirawat lebih lanjut. Adapun untuk operasi kataraknya itu akan dibiayai atau gratis. Selama bisa dibantu, akan dibantu," tegas Indah.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa hal tersebut adalah bukti komitmen dari pemerintah dalam melayani masyarakat.

"Karena jika terjadi apa-apa, selain tetangga, orang pertama yang akan melayani bapak/ ibu sekalian adalah pemerintah, mulai dari level dusun, pemerintah desa, camat dan jajarannya, kemudian ke kami yang di kabupaten," tutur bupati dua periode ini.

Sementara itu dari laporan Pj. Kepala Desa Terpedo Jaya, Andi Thiar, kegiatan tersebut sudah ditunggu-tunggu masyarakat.

"Ini merupakan permintaan masyarakat khususnya juga meminta kedatangan ibu bupati hadir di tengah-tengah kita," ungkap Kepala Markas PMI ini.

  • Bagikan