Sarasehan APDESI Bone, Setiap Kades Dibebani Pembayaran Rp2,5 jt. Oknum APH Disebut Intervensi Kades Untuk Hadir

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Sarasehan kepala desa yang digelar APDESI Bone, setiap kepala desa dibebankan pembayaran Rp2,5 juta.

Jika dijumlah total 328 desa, maka total dana yang terkumpul mencapai Rp820 juta.

Kegiatan ini digelar empat hari di Ball room Novena Hotel. Acara berlangsung sejak Rabu 27 Desember 2023.

"Pembayarannya Rp2,5 juta. Empat hari digelar, digilir. Kemarin di acara perdana, kepala desa di Bone Barat yang diundang," ucap salah seorang kepala desa yang meminta identitasnya tidak dimediakan, Jumat 29 Desember 2023.

Ia juga mengaku, sebenarnya enggan hadir apalagi diharuskan bayar. Tetapi belakangan ditelepon oleh oknum Aparat Penegak Hukum (APH).

"Jadi mau tidak mau kita harus hadir," ucapnya.

Ketua Apdesi Bone, Andi Mappakaya Amier yang dikonfirmasi mengaku jika acara tersebut digelar untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi kepala desa. Utamanya pengelolaan dana desa.

Ia menegaskan, Apdesi tidak ingin kedepan ditemukan lagi kepala desa yang terjerat hukum atas pengelolaan dana desa.

Acara itu juga dihadiri PJ Bupati Bone, HA Islamuddin sejak hari pertama acara tersebut digelar.

Penjabat (Pj) Bupati Bone Andi Islamuddin menuturkan Kabupaten Bone dimana menjadi kabupaten di Sulawesi Selatan yang paling banyak desanya.

Olehnya itu, sangat penting meningkatkan wawasan dan pengetahuan para perangkat desanya.

” Karena Kabupaten Bone ini bisa menjadi baik kalau 328 Desa nya baik, mustahil 27 kecamatan bisa baik jika desanya tidak baik," kata Bapak Pj Bupati Bone.

Dia juga berpesan, Kades senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat. Baik saat suka maupun duka. Pasalnya, kades lebih tahu apa yang dibutuhkan rakyat karena langsung berinteraksi.

“Buat program yang memang dibutuhan masyarakat desa, apalagi Dana Desa bergulir sejak 2015 sampai sekarang," kata Andi Islamuddin.

Hadir Kepala Dinas PMD Bone Drs. A. Gunadil Ukra, MM. Ketua Apdesi Bone A. Mappakaya Amir serta panitia lainnya.

Kegiatan tersebut mulai tanggal 27 Desember hingga 30 Desember 2023 menghadirkan seluruh camat, Kepala Desa dan Sekretaris Desa Se Kabupaten Bone.

*

  • Bagikan