Susun Perencanaan Pembangunan 2025, Bappeda Bone Gelar Konsultasi Publik RKPD

  • Bagikan

BONE--Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bone Sulsel menggelar konsultasi publik rancangan awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Konsultasi publik digelar di hotel Novena Jalan Ahmad Yani Kota Watampone, Jumat 2 Februari 2024. Hadir, Pj Sekda Bone, Andi Muh Guntur.

Kepala Bappeda Bone, Dr Ade Fariq Ashar SSTP MSi mengatakan, konsultasi publik ranwal RKPD menjadi bagian dari tahap perencanaan pembangunan tahun 2025.

"Melalui kegiatan forum Konsultasi Publik ini, diharapkan mampu menjadi sarana untuk menampung aspirasi publik yang nantinya akan masuk dalam rangkaian tahap perencanaan pembangunan Tahun 2025," ucapnya.

Ade Fariq menyebutkan, tujuan konsultasi publik digelar, diantaranya menyepakati arah kebijakan program pembangunan dan prioritas program daerah. Termasuk, telaah permasalahan dan strategi pembangunan daerah yang akan dituntaskan pada tahun rencana. Juga, menghimpun saran terhadap tujuan sasaran, dan indikator kinerja.

Dr Ade juga menyebutkan, penyusunan ranwal RKPD 2024 mencakup penelaahan pokok - pokok pikiran DPRD. Penelaahan terhadap sasaran yang ada pada RPD 2024 - 2026. Juga, perumusan rencana kerja program dan pendanaan serta analisis gambaran kondisi. Termasuk, analisis rencana kerangka ekonomi.

"Juga, perumusan permasalahan pembangunan daerah dan prioritas pembangunan daerah," tukasnya.

Konsultasi publik diawali dengan pembacaan laporan penyelenggara. Turut hadir memberikan sambutan pengarahan sekaligus membuka acara secara resmi yakni Penjabat Sekda Bone, Andi Muh Guntur. Pj Sekda pada kesempatan itu, memberikan pengarahan agar program dan kegiatan yang disusun berorientasi kepada hasil dan fokus untuk mewujudkan 5 prioritas pembangunan daerah untuk tahun 2025 mendatang.

Adapun konsultasi publik melibatkan beragam unsur, mulai dari OPD, akademisi, legislator dan lainnya. materi yang disampaikan antara lain tentang permasalahan dan isu strategis Tahun 2025, kemampuan keuangan, mandatory spending, target tujuan dan sasaran kinerja, serta tema beserta prioritas pembangunan tahun 2025.

  • Bagikan