Gardu Induk Masamba Diresmikan, Dirangkaikan Lomba Masak Menggunakan Kompor Induksi

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Gardu Induk (GI) Masamba diresmikan, Kamis 11 Agustus 2022. Acara dirangkaikan lomba masak menggunakan kompor induksi 'merdeka dari stunting dengan makanan bergizi' PT. PLN (Persero) UP3 Palopo bertempat di Gardu Induk Masamba Porodoa Kecamatan Mappedeceng.

Manajer UP3 Palopo Alimuddin mengatakan, saat ini wilayah kerja UP3 Palopo sudah tersuplai dengan gardu induk (GI) yang bermuatan 150 kVa.

"Perlu kami laporkan bahwa l Luwu Utara terbesar kedua bebannya jadi ketika terjadi gangguan di wilayah Palopo dan Malili, Luwu Utara juga akan terganggu," katanya.

Gardu induk tersebut kata Alimuddin melayani kebutuhan kelistrikan diwilayah Luwu Utara dan sekitarnya. Dengan luasan kerja termasuk Seko yang sementara direncanakan.

"Gardu induk ini juga menunjang industri yang kami bangun seperti pengolahan batu dan air untuk mengoptimalkan pertanian pada proses maupun pasca panen," tukasnya.

Diharapkan dengan pengoperasian gardu induk ini, tidak ada lagi masalah kelistrikan di Kabupaten Luwu Utara.

"Semoga gardu induk ini membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat luwu utara," ucapnya.

Manager UPP Sulsel Rahmat Nichol Fauzen mengatakan, gardu induk ini pertama di Kabupaten Luwu Utara. Sebelumnya  sudah ada di Palopo dan Wotu Luwu Timur sudah beroperasi.

"Gardu induk ini dibangun sejak 2018 dan merupakan program strategis Nasional. Mohon dukungan kita untuk bersama menjaga aset ini dan kami berharap gardu induk Masamba ini dapat meningkatkan kualitas kelistrikan kualitas hidup dan perekonomian Luwu Utara," harapnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam sambutannya mengatakan, berbicara kelistrikan adalah hal yg tidak bisa ditawar di era sekarang.

"Listrik salah satu infrastruktur yang menjadi kebutuhan dan harus dipenuhi apalagi presiden punya program Indonesia connective atau tidak ada satu pun wilayah di indonesia yang masuk dalam wil blank spot," ucapnya.

IDP sapaa akrab bupati perempuan pertama di Sulsel itu juga berterima kasih kepada UP3 Palopo yang sudah bergerak cepat merespon pembangunan gardu induk ini tentu dukungan dari camat, kepala desa dan masyarakat

"Terima kasih berkat komunikasi dan koordinasi pembangunan gardu induk dapat dituntaskan. Pemda sangat mengapresiasi, kerjasama manis yang berbuah manis juga," ucap bupati.

Mudah-mudah lanjut bupati, dengan gardu induk ini kualitas kelistrikan dikabupaten luwu utara dapat semakin baik

Terkait dengan lomba memasak dengan tema "merdeka dari stunting dengan makanan bergizi" untuk kita ketahui bahwa angka stunting kabupaten luwu utara terendah kedua disulsel

Angka stunting di Sulsel sekitar 27,4 persen dengan target 9 persen  di tahun 2024. Luwu utara sudah berada di angka 9 persen karena kolaborasi dan program konvergensi atau penyatuan program dengan metode by name by address

"Apa yang kita lakukan bisa lebih jauh diatas target nasional untuk menurunkan angka stunting disulawesi selatan. Terima kasih untuk apa yang kita hadirkan dikabupaten luwu utara, semoga dapat berfungsi dengan baik sehingga #powerbeyondgeneration dapat kita wujudkan agar setiap generasi dapat terlayani kelistrikannya dan memberi manfaat bukan hanya bagi masyarakat luwu utara tetapi masyarakat indonesia," kuncinya.

*

  • Bagikan