Bentengi Warga Bone dari Krisis Pangan, Kadis Asman Teken ‘Surat Sakti’

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Membentengi masyarakat Bone dari ancaman krisis pangan, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H Andi Asman Sulaiman SSOs MM menerbitkan surat imbauan yang ditujukan kepada seluruh penyuluh dan ketua kelompok tani se Kabupaten Bone.

Surat bernomor 521/2071/III/2024 tertanggal 19 Maret 2024, memuat 6 imbauan dalam rangka mengantisipasi dan menyikapi krisis pangan sebagai dampak bencana Elnino.

Kepada RADARBONE.FAJAR.CO.ID, Andi Asman menegaskan, dampak bencana el nino diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2024.

Olehnya itu lanjutnya, perlu upaya kongkret membentengi masyarakat dari ancaman krisis pangan.

Andi Asman menyebutkan, pihaknya telah mengimbau melalui penyuluh dan ketua kelompok tani, agar masyarakat Bone menyiapkan beras atau gabah sebagai cadangan pangan keluarga minimal 1000 kg.

"Termasuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam sayuran dan tanaman lain sebagai penyangga pangan," ucapnya.

Melalui surat tersebut, Andi Asman juga mengimbau segera dilakukan diversifikasi pangan. Membiasakan konsumsi pangan selain beras.

"Juga memanfaatkan sumber-sumber air yang efektif atau dengan pompanisasi untuk mengoptimalkan lahan sawah, agar tetap dapat tertanami," jelasnya.

Juga, tidak melakukan jual beli hasil panen pada malam hari. "Termasuk segera melakukan koordinasi dan kerjasama yang efektif dengan stakeholder terkait," kunci adik kandung Menteri Pertanian, H Andi Amran Sulaiman tersebut.

*

  • Bagikan