Semua yang Ingin Kamu Tahu Tentang Metaverse

  • Bagikan

Metaverse menjadi salah satu topik yang sangat populer akhir-akhir ini. Namun, beberapa orang, mungkin termasuk kamu, belum begitu mengerti tentang metaverse.

Kamu mungkin juga punya banyak pertanyaan soal ini. Bagaimana data akan digunakan? Bagaimana hubungan virtual bisa menggantikan sentuhan manusia?

Apakah nanti belanja pakaian online akan menjadi lebih mudah karena adanya avatar? Atau pertanyaan paling mendasar, apa sih sebenarnya metaverse itu?

Di artikel ini, kami dengan senang hati akan memberitahumu semua yang ingin kamu tahu tentang dunia metaverse.

Apa Itu Metaverse?

Dimulai dari pertanyaan paling dasar dulu, apa itu sebenarnya metaverse? Mengutip dari Isla Perfito, salah satu pendiri dan CEO Sator, platform hiburan berbasis blockchain, metaverse adalah hamparan 3D universal yang imersif di kehidupan nyata. Sebagai bentuk realitas alternatif, kamu bisa menavigasi dunia virtual seperti halnya dunia fisik.

Kamu bisa bergerak dan berinteraksi seperti yang kamu lakukan di dunia nyata dengan kemampuan tambahan untuk menentang hukum fisika.

Sasha Stiles, seorang seniman NFT mendefinisikannya dengan lebih sederhana.

Dia mendefinisikan metaverse melalui kata itu sendiri. Meta adalah awalan dari Bahasa Yunani yang berarti lebih tinggi atau melampaui. Sedangkan kata verse diambil dari kata universe yang artinya semesta, untuk menunjukkan bahwa metaverse adalah alam semesta yang melampaui semesta yang sedang kita huni saat ini.

Bagaimana Cara Mengakses Metaverse?

Untuk bisa mengakses metaverse, kamu memerlukan dompet kripto yang kompatibel. Dunia metaverse yang paling populer beroperasi di blockchain Ethereum.

Tetapi beberapa beroperasi di Solana atau blockchain layer 1 lainnya. Untuk memasuki metaverse, kamu perlu mendaftar ke e-wallet apapun yang bisa berfungsi di blockchain dimana metaverse itu dibangun. Lalu, tautkan di browser internetmu.

Metaverse populer yang beroperasi di blockchain Ethereum adalah Decentraland, The Sandbox, Enjin, dan Axie Infinity.

Sedangkan metaverse yang beroperasi di blockchain Solana adalah Somnium Space dan Galactic Marketplace.

Kamu juga bisa sepenuhnya menikmati dunia metaverse dengan menggunakan satu set kacamata VR yang memungkinkan kamu untuk mengontrol avatar dengan gerakan fisikmu sendiri.

Bagaimana Melakukan Pembelian di Metaverse?

Sama seperti belanja online, kamu bisa mengakses pasar metaverse melalui internet.

Tetapi alih-alih menghubungkan ke akunmu melalui Google atau Facebook, kamu cukup mengubungkan dompet digitalmu seperti MetaMask.

Untuk bisa membeli barang, kamu harus memastikan kamu punya cukup mata uang kripto yang kompatibel di dompetmu untuk menutupi biaya barang serta biaya yang berlaku.

Apakah Metaverse Menyenangkan?

Jawabannya tergantung pada definisimu tentang kesenangan dan apa yang kamu lakukan di dunia metaverse.

Tetapi, banyak orang yang menganggapnya menyenangkan.

Bayangkan kamu memasuki dunia virtual untuk bertemu dengan orang-orang baru dari seluruh dunia, melakukan aktivitas baru, dan memiliki pengalaman baru.

Itulah yang digambarkan oleh Luca Arrigo, salah satu pendiri Metaverse Architects, studio permodelan dan pengembangan game 3D untuk dunia metaverse seperti The Sandbox dan Decentraland.

Arrigo mengatakan bahwa ada perbedaan antara kepribadian seseorang di dunia nyata dan kepribadiannya di dunia online.

Beberapa orang mungkin bisa lebih menjadi dirinya sendiri dengan lebih bebas di dunia metaverse.

Itu tadi adalah informasi yang mungkin ingin kamu ketahui tentang dunia metaverse.

Para pendukung metaverse mengatakan bahwa dunia virtual ini dimaksudkan untuk menjadi media peningkatan kehidupan kita di dunia nyata. Sehingga, diharapkan kita semua bisa menggunakan metaverse ini dengan bijaksana dan bertanggung jawab.

  • Bagikan