Kadis Asman Siapkan Kado Khusus Untuk Batalyon Armed 21/105 Kawali, Siap Bersinergi Pasok Benih Berkualitas Untuk 30 Ha Lahan Yon Armed

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H Andi Asman Sulaiman, punya target khusus.

Pada peresmian Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hasanuddin oleh Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos.,M.Tr (Han) di Desa Allaporengnge Kecamatan Bengo, Kamis, 29 Desember 2022, Kadis Asman yang hadir di peresmian itu, Kamis 29 Desember 2022, melihat ada 30 hektar (Ha) lahan Yon Armed yang sangat potensi dimanfaatkan untuk sentra tanaman sayur maupun komoditas pertanian lainnya.

Pada kesempatan itu, Kadis Asman juga ikut menabur bibit ikan di Bioflok atau kolam ikan buatan milik Yon Armed Kawali.

Teknologi bioflok adalah sistem budidaya ikan yang mendaur ulang nutrisi limbah sebagai makanan ikan. Bioflok, khususnya mikroorganisme yang dibudidayakan, dimasukkan ke dalam air untuk membentuk protein mikroba dari limbah ikan beracun dan bahan organik lainnya di dalam air.

"Komitmen saya dari dulu adalah ketahanan pangan adalah wujud ketahanan Negara," tegas kakak kandung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman tersebut.

Kadis Asman bahkan menyebutkan, sudah ada bibit yang disiapkan di green house Desa Lampoko Kecamatan Barebbo, yang kapanpun bisa dipasok ke lahan milik Yon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hasanuddin.

Selama ini Kadis Asman memang getol menggandeng TNI untuk menjaga ketahanan pangan daerah ini. Termasuk, membantu TNI berupa lahan 700 ha untuk komoditas jagung. Andi Asman juga menyiapkan benih jagung berkualitas tinggi.

"Saya juga berterima kasih ke Pangdam, datang dan meresmikan Batalyon Armed sebagai kado tahun baru," pungkas Kadis yang dibawah kendalinya, produksi padi tahun ini melonjak tajam.

Sementara itu, pada peresmian Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hsn, Pangdam XIV/Hsn mengatakan, mengacu pada rencana strategis tahun 2020-2024 TNI AD, peresmian Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hsn ini dalam rangka menjawab tuntutan tugas dan optimalisasi dalam mewujudkan keutuhan NKRI. Salah satunya melaksanakan penataan dan pembentukan satuan baru di wilayah Kodam XIV/Hsn.

“Inilah yang menjadi tuntutan kita bersama agar Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali dapat melaksanakan tugas pokok TNI yang lebih optimal dan lebih baik,” tandasnya.

Turut hadir pada peresmian Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hsn, Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM serta sejumlah pejabat TNI Kodam XIV Hasanuddin
*

  • Bagikan