Gelar Latihan Glady Posko Kesiapan Pam Pemilu 2024, Danyon Ichsan; Wujud Upaya Polri Amankan Pemilu

  • Bagikan

Bone , RADARBONE.FAJAR.CO.ID- Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar latihan gladi posko dalam rangka sistem pengamanan Pemilu wilayah rayon III Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Senin (02/10/23).

Bertempat di aula serba guna Mako Brimob Bone, gladi posko yang dilaksanakan guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas tahapan Pemilu 2024 ini diikuti 6 (enam) Polres Wilayah Rayon III yaitu Polres Soppeng, Wajo, Bone, Sinjai, Bulukumba dan Selayar dan dua Polres Wilayah Rayon I yakni Polres Bantaeng dan Jeneponto.

Total ada 70 peserta yang terlibat dalam Latihan gladi posko yang dibuka oleh Kapolres Bone AKBP Arif Doddy Suryawan, S.I.K. dengan pemateri Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos., M.Si.

Gelaran ini melibatkan unsur-unsur pengendali utama masing-masing Polres diantaranya para Kabag Ops, Kasat Intel, Kasat Lantas dan Kasat Sabhara serta operator masing-masing bagian / fungsi.

Saat membuka latihan gladi posko, Kapolres Bone menekankan bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan prosedur saat pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

" Yang hadir dalam latihan ini adalah para komandan lapangan yang akan mengendalikan kekuatan Polri saat pengamanan Pemilu 2024 nanti, jadi penting bagi rekan-rekan sekalian mengikuti kegiatan ini,” tutur Arif Doddy.

Lanjut kata Kapolres, ini adalah kesempatan yang baik bagi kita semua untuk menyamakan persepsi dalam hal rencana pengamanan Pemilu 2024 sehingga semua tahapan pemilu dapat berjalan aman, tertib dan lancar serta tidak terjadi kesalahan prosedur dalam penanganan nantinya.

Sementara itu Danyon C Pelopor yang ditemui awak media di sela-sela kegiatan latihan mengatakan bahwa latihan gladi posko ini adalah bentuk kesiapan Polri dalam menghadapi Pemilu Serentak tahun 2024.

“ Latihan gladi posko ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manajerial para Kabag dan Kasat fungsi dalam hal perencanaan khususnya pengamanan Pemilu 2024 dan sebagai sarana tukar pikiran dalam hal pengamanan,” ujar Nur Ichsan.

Mantan Kasubbagrenmin Sat Brimob Polda Sulsel ini juga menjelaskan bahwa kegiatan gladi posko ini sebagai upaya dari Polri mempersiapkan rencana pengamanan dalam bentuk administrasi dengan harapan nantinya masing-masing fungsi atau bagian sudah mengetahui apa yang harus dilakukan pada saat pengamanan Pemilu serta tindakan yang diambil saat terjadi gangguan Kamtibmas pada tahapan Pemilu.

“Harapannya out come dari latihan ini adalah akan ada referensi , panduan atau SOP yang menjadi dasar dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 sehingga Pemilu berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” tandas Danyon Ichsan.

  • Bagikan