Protes Seleksi PPPK, Satgas Damkar: BKPSDM Bone Pembohong

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Puluhan Anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) Bone mendatangi Kantor BKPSDM. Mereka memprotes seleksi PPPK yang dinilai sarat permainan, Kamis 21 Desember 2023.

Betapa tidak, ada 20 honorer K2 yang notabene bukan dari instansi Damkar namun diloloskan. Sementara ditegaskan di KepmenPAN-RB No. 648 Tahun 2023 tentang Mekanisme seleksi PPPK untuk Jabatan fungsional TA 2023. Diktum kelima "setiap pelamar wajib memiliki pengalaman kerja dibidang kerja yg relevan dgn jabatan fungsional yang dilamar.

Aksi demo Satgas Damkar nyaris berujung anarkis. Anggota Damkar memaksa dihadirkan Plh Kepala BKPSD Bone, Andi Tenriawaru. Bahkan mereka menyebut, Andi Tenri bersama Panselda lainnya, pembohong.

"Ini yang kami pertanyakan dan minta penjelasan dari Panselda. Kenapa bisa ada yang diloloskan yang notabene tidak sesuai keahliannya. Tidak relevan dengan bidang kerjanya. Orang yang tidak punya pengalaman di Damkar diloloskan," tegas salajh seorang anggota Damkar, Wahyudi.

Wahyudi juga menegaskan, saat pertemuan dengan Pj Bupati Bone, HA Islamuddin yang dihadiri Plh Kepala BKPSDM Bone, Andi Tenriawaru dijanjikan bahwa proses penentuan lulus seleksi nantinya, berdasarkan perangkingan nilai. Baik K2 maupun maupun Satgas Damkar tidak ada prioritas. "Sementara yang terjadi justru sebaliknya, ada teman-teman damkar yang nilainya sampai 600, tidak lolos. Sementara ada K2 yang hanya nilainya 300 diloloskan. Jadi buat apa ada seleksi," tegasnya.

Satgas Damkar lainnya, Andi Aulia juga mempertanyakan dasar 20 PPPK yang notabene tidak pernah mengabdi di Damkar, kemudian diloloskan. "Jelas-jelas ini melabrak aturan. Mental Panselda rusak, kami ini dizolimi," tegasnya.

Plh kepala BKPSDM Bone, Andi Tenriawaru yang hadir, berkilah jika penentuan kelulusan bukan wewenang BKPSDM Bone tetapi ditentukan oleh BKN dan MenPAN RB.

"Kami di BKSPDM hanya menerima lampiran dan itu diumumkan," kilahnya.

*

  • Bagikan