Safari Ramadhan di Luwu Utara, Kakanwil Kemenkumham HAM Sulsel Ajak Lestarikan Batik Rongkong

  • Bagikan

LUWU UTARA , RADARBONE.FAJAR.CO.ID- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak meminta jajaran nya untuk mengenakan Batik Rongkong khas Luwu Utara sebagai bentuk apresiasi atas produk lokal.

Hal itu disampaikan Liberti Sitinjak saat
Safari Ramadhan di Rutan Kelas B Masamba, Kamis 21 Maret 2024.

Menurut Liberti pihaknya juga harus menjadi yang terdepan dalam mendukung dan melestarikan prodak lokal, terlebih pemda Luwu Utara sudah mengantongi HAKI terkait Batik Rongkon.

" Kementerian Hukum Dan Ham sebagai pemangku hak intelektual itu harus menjadi yang pertama mendukung produk lokal. Saya minta nanti teman teman di imigrasi, Devisi Pemasyarakatan, Kalapas, Karutan beserta jajarannya sudah harus memakai Batik Rongkon setiap hari kamis " kata Libert.

" Paling lambat dimulai bulan April lah " sambung Liberti.

Selain itu, Liberti juga mengapresiasi Pemda Luwu Utara di bawah pimpinan Indah Putri Indriani sebagai Bupati, atas kerja sama yang selama ini telah dibangun dengan pihak Kementerian Hukum dan Ham, terutama dalam program pembinaan warga binaan yang ada di Rutan Kelas B Masamba.

" Seperti yang disampaikan ibu bupati (Indah Putri Indriani.red) warga binaan ini bukan ampas, mereka orang orang yang hilaf sehingga butuh pembinaan agar saat kembali ke tengah tengah masyarakat dapat memberi manfaat " pungkasnya.

Sementara itu Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, mengapresiasi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Sulawesi Selatan atas dukungan dan support nya dalam mendukung pengembangan dan melestarikan batik rokong khas Luwu Utara.

" Tentu kami sangat senang atas support dari pak Liberti. Keseriusan pemda dalam memperkenalkan dan melestarikan batik rongkong salah satunya dengan mendaftar hak intelektual di Kemenkumham terkait batik yang menjadi ciri khas Luwu Utara " ungkap Indah.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu juga menyampaikan komitmen pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk terus menjalin kerjasama dengan Kemenkumham Sulawesi Selatan, termasuk berkontribusi dalam melakukan pembinaan warga binaan di Rutan Kelas B Masamba.

" Semoga kunjungan pak kakanwil ini (Liberti Sitinjak.red) ke Luwu Utara juga untuk melanjutkan dan memperkuat kerjasama kita yang sudah terjalin dan kesempatan ini juga saya menyampaikan terimakasih kepada Kanwil Kemenkumham Sulsel atas semua dukungan yang telah diberikan kepada Pemda Luwu Utara, semoga kedepan kita dapat terus bekerja sama dan saling support " tutup Indah Putri Indriani. (*)

  • Bagikan