Pramuka SMPN 1 Barebbo Peringati Harkitnas

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114, berlangsung di lapangan upacara UPT SMPN 1 Barebbo, Jumat 20 Mei 2022.

Pada upacara ini Wakasek Kesiswaan selaku Pembina Gudep 04.065.04.066, Syamsul Bahri,S.Pd. bertindak sebagai pembina upacara.

Upacara diawali dengan mengibarkan Bendera Merah Putih oleh Petugas Pengibar Bendera.

Bertugas sebagai pembentang bendera, yaitu Noer Syam Tahir, sebagai penarik bendera, Aidin Alfiansyah dan yang bertugas membawa Sang Merah Putih, Andi Karina Az Zahra. Usai pengibaran bendera dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah-naskah. Naskah Teks Pancasila oleh A. Ghany Rahman; Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Natasya Tamrin.

Upacara dilanjutkan dengan amanat dari pembina upacara.

Dalam amanatnya, Syamsul Bahri, S.Pd. selaku pembina menyampaikan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 ini mengambil tema "Ayo Bangkit Bersama".

Hal ini sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional, mari sejenak kita telaah sisi historikal di balik peringatan hari kebangkitan Nasional," ajak Syamsul.

Pembina upacara mengisahkan, pada 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Dr Wahidin Sudirohusodo.

"Diharapkan ini menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa," demikian kisah Syamsul mengakhiri amanatnya.

Upacara diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Afif Ainur Falah Sucipto.

Usai pembacaan doa, maka seluruh rangkaian acara resmi selesai dan selanjutnya sambil istirahat dipersembahkan tiga buah lagu perjuangan oleh kelompok penyanyi Gudep 04.066 (putri) dengan dirigen, Ade Nilam Sari.

  • Bagikan