YESS, Siap Lahirkan Petani Milenal

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Pameran Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) digelar di pelataran SMKN 4 Bone, Rabu 22 Juni 2022.

Pembukaan pameran ini turut dihadiri Sekkab Bone, HA Islamuddin dan Kadis TPHP Bone, HA Asman Sulaiman.

Asman menegaskan, program YESS merupakan terobosan Kementerian Pertanian dalam melahirkan petani ataupun wirausaha milenial.

"Program YESS merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian," kata Andi Asman. 

Melalui Program YESS ini lanjut Kadis Asman, Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.  

"Saat ini kita harus berikan akses fasilitas mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, Alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi covid-19," ucapnya.

Andi Asman juga menyebutkan ada dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS. 

Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki kewirausahaan dari hulu ke hilir

Adapun open day Pameran YESS ini dilaksanakan selama 2 hari dengan tujuan mempublikasikan produk-produk pertanian khususnya yang di hasilkan oleh siswa/siswi SMK dan kelompok pemuda tani masyarakat binaan Dinas TPHP.

"Melalui kegiatan ini masyarakat umum khususnya generasi milenial dapat melihat produk hasil budidaya, teknologi serta inovasi pertanian sehingga  mereka termotivasi untuk terjun di sektor pertanian," kuncinya.

*

  • Bagikan