UNASMAN Realisasi Program Merdeka Belajar 2022 Bagi SMK Sulbar

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN) menutup rangkaian pendampingan SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) tahun 2022. Penutupan secara resmi dilaksanakan di SMKN Sulbar Kalukku Kabupaten Mamuju, 5 Desember 2022.

Unasman adalah satu-satunya perguruan tinggi di Sulbar yang diamanahkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI sebagai Perguruan Tinggi Pendamping (PT Pendamping SMK PK) tahun 2021 dan 2022. Unasman mendampingi 5 SMK di Sulbar antar lain: SMKN Sulbar (Mamuju), SMKN 1 Mamasa, SMKN 1 Bulo, SMKN Balanipa dan SMKN Labuang.

Penutupan rangkaian pendampingan dihadiri langsung Wakil Rektor I Unasman Solihin Asis. Dalam sambutannya Solihin Asis mengatakan program SMK PK ini merupakan program yang sangat brilian dari kementerian pendidikan di era Nadiem Makarim. Alasannya menurut Solihin program seakan merefresh kembali tujuan pendidikan SMK yang seharusnya selalu bersinergi dengan dunia kerja dan dunia industri.

Salah satu penekanan dalam program SMK PK ini adalah kurikulum dirancang 'Link and Macth' dengan dunia kerja dan industri. Dalam pendampingan SMK PK tahun 2022 Unasman menghadirkan puluhan Industri mitra program.

PT. Mars Simbioscience Indonesia,
CV. Putra Mataram (Coklat Macoa), PT. Ritma Green Bersinergi, CV. General Enggenering, Koperasi Mama, UIH (Untuk Indonesia Hijau), CV Poki Cahaya Abadi, Nhanas Donut Pinrang, Bunda Raka Cake Bakery. Selain menghadirkan di sekolah beberapa industri tersebut sebagai lokasi magang guru kompetensi.

Rangkaian penutupan di SMKN Sulbar dihadiri Kepala SMKN Sulbar Sirajuddin, SPd. M.Pd, Dekan Fakultas Pertanian Unasman Dr. Harli A. Karim, SP. MP, Kordinator SMK PK Unasman Herlina Ahmad, SPd. M.Pd, Direktur CV. General Enggenering (Rusmadi), CV. Putra Mataram (Dheny Frisandy Nur), PT. UIH dan sejumlah guru SMK se Kecamatan Kalukku dan Papalang Mamuju.

*

  • Bagikan