Panwascam Dua Boccoe Siapkan 22 Kuota PKD, Saring Putra Putri Terbaik

  • Bagikan

WATAMPONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID-Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Dua Boccoe mulai merekrut panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD).

Rekruitmen PKD resmi dibuka sejak 14 Januari 2023 sampai 19 Januari 2023.

Ketua Panwaslu Kecamatan Dua Boccoe, Irwan Ihsan SE mengatakan, PKD menjadi ujung tombak pengawasan di kelurahan dan desa di Kecamatan Dua Boccoe.

"Kita berkomitmen merekrut perangkat pengawasan yang berintegritas," ucapnya.

Irwan menyebutkan, total 22 kuota di 21 desa dan 1 satu kelurahan di Dua Boccoe yang disiapkan. Dimana setiap kelurahan dan desa akan direkrut satu orang anggota PKD.

Diketahui 22 desa dan kelurahan di Dua Boccoe masing-masing masing-masing Kelurahan Unyi, Desa Cabbeng, Pattiro, Laccori, Pakkasalo, Uloe, Tawaroe, Solo, Lallatang, Melle, Matajang, Sailong, Sanrangen, Mario, Praja Maju, Ujung, Kampoti, Tocina, Tempe, Watangpadacengnga, Padacenga dan Panyili.

"Untuk formulir pendaftaran dan info lebih lanjut terkait persyaratan pendafataran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD), bisa datang langsung di Sekretariat Panwaslu Kecamatan di wilayah Kecamatan masing-masing," jelasnya.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan terkait syarat untuk menjadi anggota PKD. Diantaranya, tidak terdaftar sebagai anggota partai politik dan tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Termasuk tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang ancamannya pidana penjara 5 tahun.

"Pembentukan PKD itu merupakan salah satu tahapan persiapan yang diatur melalui Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor : 5/KP.01/K1/01/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa pada pemilihan umum serentak tahun 2024," kuncinya.

*

  • Bagikan