Saleh Dinilai Punya Kans Besar Jabat Pj Bupati Bone

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--DPRD Bone telah menetapkan 3 nama calon Penjabat (Pj) Bupati Bone yang akan diusulkan ke Kemendagri. Tiga nama tersebut, masing-masing Kadis PMD Sulsel, H Muh Saleh, Sekda Bone, HA Islamuddin dan Kepala Pusat Perancangan dan Kajian Kebijakan Hukum Sekjen DPD RI, Andi Erham Terwo Pabokori.


Sebelumnya, penentuan calon Pj Bupati Bone berlangsung alot. Setelah dua hari rapat konsultasi DPRD Bone berlangsung alot, akhirnya diputuskan voting, Selasa 8 Agustus 2023.


Sebelumnya, musyawarah mufakat hanya menyetujui dua nama yakni Sekda Bone, HA Islamuddin dan Andi Erham Terwo Pabokori.


Tersisa tiga nama yang kemudian harus divoting karena tidak adanya mufakat. Yakni Andi Abu Bakar, Muh Saleh dan Andi Winarno.


Hasilnya, Muh Saleh yang saat ini menjabat Kadis PMD Sulsel meraih terbanyak yakni 17 suara. Sementara Andi Abu Bakar 8 suara dan Andi Winarno 0 suara. Adapun suara batal sebanyak dua suara dan satu abstain.


"Sudah voting barusan, Muh Saleh meraih suara terbanyak, kata Anggota DPRD Bone, Hasrul Harahap."Jadi nama-nama calon Pj Bupati Bone selanjutnya akan kita paripurnakan untuk selanjutnya dikirim ke Kemendagri," kata Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan.

Dari tiga nama ini, Muh Saleh dinilai punya kans besar menduduki jabatan Pj Bupati.
Selain diusulkan DPRD Bone, Saleh juga diusulkan calon Pj Bupati Bone oleh Pemprov Sulsel dan kabarnya namanya juga masuk dalam daftar usulan Kemendagri.

Diketahui, Saleh merupakan pamong senior. Dirinya sudah 25 tahun berkarir di Bone, Saleh pernah menduduki semua jenjang eselon V s/d II mulai tingkat Kecamatan sebagai Sekretaris Camat Kahu dan Kajuara, Camat Lappariaja, Kabag Umum, Kabag Keuangan, Mantan Asisten Administrasi Pemda Bone, dan terakhir Sebagai Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bone.


"Terima kasih atas kepercayaan teman-teman di DPRD Bone, sehingga nama saya diusulkan menjadi salah satu calon Pj Bupati Bone," kata mantan kepala Kesbangpol Bone tersebut.
Ia menegaskan, jika diberi amanah mengisi jabatan Pj Bupati Bone, akan berbuat yang terbaik untuk Masyarakat Bone.

"Saya lahir di Bone, jadi kalau diberi amanah menjadi Pj Bupati tentu akan berusaha berbuat yang terbaik untuk masyarakat Bone," pungkasnya.
Praktisi kebijakan publik, Ali Yushar menilai kans Saleh selaku pamong senior sangat besar. Apalagi posisinya sebagai Kadis PMD Sulsel dan punya segudang pengalaman di jabatan birokrasi.

"Saya kira semua punya peluang, punya kans besar menduduki posisi jabatan Pj Bupati Bone. Khusus Muh Saleh, beliau memang layak, apalagi dengan pengalamannya selama 25 tahun berkarir sebagai ASN dan berbagai jabatan juga sudah emban. Tentu ini bisa menjadi penilaian plus juga oleh Mendagri nantinya," tukasnya.

Profil H Muh Saleh
Nama : Drs H Muhammad Saleh M,Si.
Tempat Tanggal Lahir : Arokke, 17 Juli 1969
Alamat : Citra Sudiang Estate Blok A3 No17
Agama : Islam
Pangkat : Pembina Utama Muda (IV/c)

Riwayat Pekerjaan

*Kasubag Perangkat Desa Sekretariat Daerah Bone, 1996
*Sekretaris Camat Kahu, 1997
*Sekretaris Camat Kajuara, 1999
*Camat Lappariaja, Kabupaten Bone, 2003
*Kabag Kesejahteraan Sosial Setda Bone, 2006
*Kabag Umun Setda Bone, 2007
*Kabag Keuangan dan Perlengkapan Setda Bone, 2008
*Asisten Bidang Administrasi Setda Bone, 2010
*Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas Bone, 2011
*JF Umum PD Biro Umum dan Perlengkapan, 2018
*Pengawas Pemerintahan Madya, 2018
*Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daera Sulawesi Selatan, 2019
*Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya, 2020
*Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, 2021-2022
*Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, 2022

  • Bagikan