Selamat, BPP Kahu Raih Penghargaan CSA SIMURP Terbaik

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--BPP Kecamatan Kahu masuk lima besar terbaik pelaksanaan teknologi Climate Smart Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP).

BPP Kahu masuk dalam daftar penerima penghargaan dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melalui pusat penyuluhan pertanian.

Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman mengatakan, BPP Kahu menjadi salah satu kemasan kampung Horti dan jadi rujukan masyarakat sekitar belajar dan bekerja.

"Alhamdulillah, saya selaku kepala Dinas Tanaman Pangan mengapresiasi inovasi dan kerja keras teman-teman penyuluh di BPP Kahu yang tanpa henti memberikan pendampingan ke petani. Sehingga program CSA SIMURP ini bisa berjalan dengan baik di Kahu," katanya. 

Andi Asman mengatakan , SIMURP mengajarkan banyak hal kepada petani. Khususnya bagaimana melakukan pertanian pintar dalam menghadapi perubahan iklim. Termasuk bagaimana cara mengantisipasi dan menangani penyakit tanaman.

SIMURP kata Andi Asman merupakan sistem irigasi modernisasi mendesak untuk direhabilitasi. Program ini kata Andi Asman hanya ada di 4 kabupaten, salah satunya di Bone.

"Tujuannya, agar kelompok tani mampu memahami kondisi iklim dan bagaimana cara mengantisipasinya melalui sekola lapang CSA yang dilaksanakan pada kelompok tani," jelasnya.

Melalui program SIMURP lanjutnya diharapkan dengan mengurangi pemakaian pupuk kimia dan meningkatkan pemakaian pupuk organik, mampu memberikan hasil pertanian yang optimal dengan kondisi iklim yang mendukung.

"Termasuk, dengan hadirnya Program SIMURP diharapkan mampu mengembangkan kemampuan manajerial penyuluh dan pengelola di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), tutupnya.

*

  • Bagikan