KPU Bone Tawarkan Tiga Opsi Perubahan Dapil

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--KPU Kabupaten Bone, membuka opsi perubahan daerah pemilihan (Dapil) pada persiapan Pemilu 2024. Ada tiga opsi yang ditawarkan KPU terkait dengan pemetaan dan alokasi kursi di masing-masing daerah pemilihan.

Komisioner KPU Bone divisi teknis, Nasruddin Zaelany mengatakan, KPU menyusun rancangan dapil dengan tiga opsi.

Opsi pertama, dapil yang digunakan pada pemilu 2019, kemudian opsi selanjutnya, adanya pergeseran kursi dari delapan menjadi sembilan. Dimana dapil 5 sebelumnya 10 kursi menjadi sembilan kursi dan opsi ketiga enam dapil.

Atto sapaan akrab komisioner KPU ini menyebutkan, pergeseran dapil memungkinkan, merujuk jumlah penduduk.  

"Tiga model rancangan itu kita ajukan untuk kemudian mendapatkan tanggapan dari seluruh masyarakat," ujarnya saat rakor bersama sejumlah unsur terkait membicarakan rancangan perubahan dapil tersebut, Kamis 8 Desember 2022.

Selain masyarakat, yang bisa memberikan tanggapan yaitu lembaga, badan, partai politik, hingga organisasi kemasyarakatan.

"Masukan atau tanggapan bisa diberikan sesuai dengan format yang sudah ditetapkan KPU," katanya.

Akademisi IAIN Bone, Rahmatunnair yang turut hadir pada rapat tersebut memberikan sejumlah masukan terkait opsi yang ditawarkan KPU Bone.

Rahmatunnair mengaku cenderung pada rancangan dapil yang sudah digunakan pada pemilu-pemilu sebelumnya. "Kalau soal usulan Ajangale bergabung ke dapil Bone Barat, saya kira dari sisi sosiologis dan antropologisnya itu tidak memungkinkan. Ajangale sudah kental dengan Bone Utara dan pasti akan tersisih ketika dia bergabung di dapil Bone Barat," tukasnya.

Disamping itu kata Rahmatunnair, partai politik maupun figur yang akan maju sebagai caleg di Pemilu 2024, itu sudah menggarap potensi suara di dapil yang ada saat ini.

Ketua Cabang NU Bone itu juga menegaskan, kalaupun ada perubahan, Ia mengusulkan agar Ponre disatukan dengan Libureng, Kahu, Patimpeng, Bontocani, Kajuara dan Salomekko. "Karena dari letak geografis, Ponre itu lebih dekat ke Libureng," kuncinya.

*

  • Bagikan